4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Prenatal Yoga

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Senam Yoga untuk Ibu Hamil atau lebih Popular dengan istilah SENAM PRENATAL YOGA. Baik itu manfaatnya dan Aturannya. Kali ini kami ingin mengupas lebih dalam apa itu SENAM PRENATAL YOGA. Dan kabar gembiranya, sekarang Sanggar Senam 37 membuka Kelas PRENATAL YOGA kata salah satu Instruktur Yoga, Mba Yuni.

Apa itu Prenatal Yoga?

Prenatal yoga atau yoga hamil adalah jenis yoga yang memang khusus didesain untuk masa kehamilan. Jenis yoga ini bisa membantu calon ibu secara fisik dan mental. Biasanya, prenatal yoga atau yoga hamil fokus melatih pernapasan, latihan untuk area pinggul, dan pose-pose restorasi yang bermanfaat untuk mengembalikan energi di kala merasa lelah akibat perubahan hormonal dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang hamil, rutin berlatih jenis yoga ini akan membuat Anda merasa lebih kuat, tetap aktif selama kehamilan, dan bermanfaat bagi jabang bayi.

PRENATAL YOGA
SOFT PRENATAL YOGA, by SS37

Kapan sebaiknya Ibu Hamil memulai Prenatal Yoga?

Sebenarnya Anda bisa berlatih prenatal yoga dari sejak Anda tahu bahwa Anda hamil, apalagi kalau sebelum kehamilan Anda sudah rutin berolahraga atau berlatih yoga. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda, karena sebagian besar dokter baru memberikan lampu hijau pada wanita hamil untuk mulai berolahraga di Trisemester Kedua, yaitu setelah usia kehamilan di atas 12 minggu, di mana biasanya Morning Sickness tak lagi Anda rasakan sehingga Anda bisa kembali aktif tanpa halangan.

Di mana sebaiknya Ibu Hamil berlatih Prenatal Yoga?

Namun untuk kali pertama, sangat disarankan Anda datang dulu ke Sanggar Senam terdekat dikota anda. Bagi ibu-ibu yang tinggal di sekitar Pemalang Kota ga ada salahnya bersinggah di Sanggar Senam 37. Karna mulai tanggal 16 Desember 2019, tiap hari Senin jam 16.00 atau 4 sore, sanggar senam 37 membuka Kelas Yoga untuk Ibu Hamil, kata Mba Yuni selaku Instruktur Yoga.

Bagi Anda yang sudah terbiasa berlatih yoga secara rutin sejak sebelum hamil pun, sering kali dalam kondisi hamil beberapa postur yoga non-prenatal kurang tepat untuk Anda lakukan. Atau mungkin Anda merasa khawatir apakah jenis yoga yang Anda biasa lakukan aman atau tidak bagi kehamilan Anda. Berlatih di studio yoga atau sanggar senam lainnya juga memberikan keuntungan lebih karena Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan partisipan lain, sekaligus bertukar info seputar kehamilan.

Seberapa sering sebaiknya Prenatal Yoga dilakukan oleh Ibu Hamil?

Anda bisa berlatih 1-2 kali seminggu di studio yoga atau disanggar senam terdekat, di mana biasanya durasi setiap sesi adalah 45-60 menit. Atau, bila Anda berlatih di rumah, Anda bisa berlatih setiap hari selama 30 menit secara rutin, mungkin dimulai dengan melatih teknik pernapasan 15 menit dan pose-pose yoga yang berfokus pada area pinggul, lengan, dan stretching selama 15 menit.

Tetap semangat yah walaupun dalam kondisi berbadan dua.

Salam Sehat !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat