Agar Hasilnya Maksimal, Harus Zumba Berapa Kali Seminggu?

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan dance yang energik, senam Zumba bisa jadi pilihan olahraga Anda secara rutin. Zumba termasuk olahraga yang bisa menyehatkan tubuh dengan cara menyenangkan karena gerakannya yang lincah dan alunan musik yang mengasyikkan. Untuk melakukan senam Zumba yang umumnya dengan musik latin dan internasional, Anda harus tahu seberapa banyak melakukannya agar tubuh sehat. Pasalnya, senam ini menggabungkan latihan interval dengan adanya ritme cepat dan lambat, dan juga latihan ketahanan otot sehingga semakin kuat.

Zumba termasuk ke dalam olahraga aerobik. Sebagai latihan aerobik, sebaiknya lakukan senam jenis ini minimal 150 menit per minggu dengan intensitas latihan yang sedang. Atau Anda dapat melakukan senam Zumba minimal selama 75 menit per minggu dengan intensitas yang lebih berat.

Contohnya, Anda olahraga 160 menit per minggu, Anda bisa membaginya menjadi 4 hari dalam seminggu. Dengan durasi tiap latihan minimal 40 menit. Senam Zumba 40 menit ini sudah dapat membantu membakar sekitar 369 kalori Anda.

Senam Zumba by SS37

Mengenali intensitas senam Zumba

Untuk mengetahui seberat apa intensitas senam Zumba Anda, caranya cukup sederhana. Semakin berat intensitas latihan, maka akan semakin cepat jantung berdetak, begitupun dengan keluarnya keringat yang semakin banyak dengan intensitas tinggi. Semakin berat intensitasnya, Anda sampai tidak bisa berbicara saat olahraga. itu artinya latihan yang dilakukan termasuk intensitas berat untuk tubuh Anda.

Setiap orang memiliki intensitas olahraganya masing-masing. Jika Anda sudah merasakan ngos-ngosan sampai tidak mampu berbicara, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama meskipun dengan beban olahraga yang sama.

Bolehkah senam Zumba setiap hari?

Beberapa orang mungkin ketagihan, atau sangat menggebu ingin menurunkan berat badan melalui Zumba. Maka itu, ada orang yang melakukan Zumba setiap hari baik. Melakukan senam ini setiap hari tentunya boleh saja, yang penting Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dari overtraining. Jangan sampai, tujuan menjadi sehat justru jadi overtraining alias olahraga mati-matian.

Jika Anda mulai merasa sangat lelah sepanjang hari, mulai sensitif atau mudah marah secara emosional, nafsu makan semakin menurun, itu bisa jadi tanda kalau Anda terlalu banyak olahraga. Olahraga memang bermanfaat, tetapi tubuh Anda tetap butuh waktu untuk beristirahat. Kalau tubuh Anda memang sudah terlatih dan terbiasa olahraga setiap hari, boleh saja dilakukan.

Salam Sehat !!!

WhatsApp chat