Apa sih perbedaan antara Zumba dan Aerobik.

Banyak jenis olahraga untuk kebugaran tubuh yang digemari masyarakat seperti Senam Aerobik dan Zumba, Tapi jangan salah meski memiliki tujuan yang sama, kedua jenis olahraga ini memiliki beberapa perbedaan. Zumba Education Spesialist (ZES) Indonesia, Olivia Febriani mengatakan baik senam aerobik dan zumba sama-sama mengutamakan gerakan kardio. Salah satu yang menjadi perbedaannya adalah musik yang digunakan sebagai pengiring. Senam aerobik hanya menggunakan jenis lagu yang sama dan tidak berhenti selama senam berlangsung. 

Sedangkan Senam Zumba memadukan gerakan aerobik dengan tarian lain, seperti samba, salsa, dan hip hop, diiringi paduan musik Latin.

Senam Zumba by SS37

Zumba diciptakan secara tak sengaja oleh Alberto Perez, seorang instruktur aerobik yang lupa membawa musik yang biasa ia mainkan. Ia pun memutar musik dansa yang biasa digunakannya untuk menari. Saat melakukan senam aerobik dengan musik tersebut, nyatanya peserta sangat menyukainya. Akhirnya, pada tahun 2002, Perez mulai menjual DVD senam dengan musik Latin yang dinamakan zumba. Kini, senam zumba telah mendunia dan dipraktikkan di lebih dari 40 negara, tak terkecuali di Indonesia.

Brand Ambassador zumba Indonesia Liza Natalia menambahkan, zumba saat ini banyak digemari karena gerakannya yang variatif. 70 persennya gerakan latin dan 30 persennya gerakan internasional. Menurut Liza, hal ini yang membawa nuansa baru dalam senam cardio, bahkan bisa membakar 500-1000 kalori selama satu jam ini.

“Kita bisa masukan lagu-lagu internasional yang sedang hits. Jadi, bewarna sekali tidak hanya bermuatan satu gendre musik saja,” ujar Liza.

Salam Sehat !!!

WhatsApp chat