Waspada!! jika ANDA mengalami nyeri HAID berlebih

Nyeri haid atau dismenore adalah nyeri atau kram di perut bagian bawah, yang muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Pada sebagian wanita, dismenore dapat bersifat ringan, namun pada sebagian lain, dismenore bisa berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Dismenore ditandai oleh kram di bagian bawah perut. Kondisi tersebut normal terjadi setiap bulan dan tidak perlu dikhawatirkan, karena merupakan proses yang terjadi secara alami di rahim wanita. Seiring bertambahnya usia, dismenore juga akan menghilang secara bertahap.

Gejala Nyeri Haid yang Normal sering ditandai dengan berbagai gejala seperti :

  • Nyeri yang dirasakan 1-2 hari sebelum haid datang
  • Nyeri saat haid hari pertama
  • Nyeri yang dirasakan diperut bagian bawah, piggang atau dibagian paha
  • Lama nyeri 12 – 72 Jam
  • Keluhan yang menyertai Mual, Muntah, Lemas, Pusing dan Diare

Untuk nyeri haid normal, Anda tak perlu buru-buru minum obat. Biasanya rasa nyeri akan hilang sendiri. Namun jika tak juga hilang, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen untuk meringankannya.

Nyeri haid Berlebih
Gejala Nyeri Haid yang Normal, by SS37

Tidak semua penyebab nyeri dan kram perut diakibatkan oleh proses peluruhan darah haid yang normal. Ada kalanya kondisi ini muncul karena penyakit lain sehingga memicu nyeri yang terasa sangat kuat. Nyeri haid yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis tertentu disebut dengan dismenore sekunder.

Gejala Nyeri Haid yang Tidak Normal :

Pendarahan yang Berlebihan

Anda tentu dapat mengukur seberapa banyak darah menstruasi yang normal dan tidak. Artinya, periode menstruasi yang “normal” biasanya melibatkan hilangnya dua atau tiga sendok makan darah secara total. Bila Anda perlu mengganti pembalut selama dua jam sekali, atau menggunakan lebih dari lima pembalut.

Kram Perut yang Intens

Jika Anda sering mengalami kram begitu parah sehingga harus absen bekerja atau sekolah. Atau kram yang sepertinya tidak reda sama sekali oleh obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, Masa-masa yang sangat menyakitkan bisa menjadi gejala endometriosis, yaitu gangguan di mana lapisan uterus tumbuh di area lain selain rahim, seperti indung telur, saluran telur, atau bahkan usus.

Penggumpalan Darah yang Besar

Gumpalan darah kecil sesekali di pembalut tidak perlu dikhawatirkan. Kadang-kadang, selama aliran sangat berat, antikoagulan di tubuh tidak dapat mengikuti aliran Anda, yang mengarah ke gumpalan kecil yang tidak berbahaya. Namun, gumpalan darah yang lebih besar dari seperempat dapat menjadi tanda fibroid rahim, serta gangguan keturunan seperti penyakit von Willebrand.

Nyeri Panggul Yang Berlebih

Banyak dari kita mengalami beberapa nyeri punggung bawah (pinggul) selama periode menstruasi ini. Yang disebabkan oleh prostaglandin. Prostaglandin dapat menyebabkan rahim berkontraksi terlalu kuat, yang memotong suplai oksigen ke beberapa otot di sekitarnya.

Demikianlah Tanda-tanda atau Gejala baik itu Nyeri Haid yang Normal maupun Tidak Normal, semoga Artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan bagi kaum HAWA.

Salam Sehat !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat